Canna, Wanita Tangguh BPIB Jakarta

JAKARTA (24/9/2018) – Canna, sosok yang menjadi inspirasi kami untuk terus bekerja dengan giat selama beberapa bulan terakhir ini. Dia merupakan CPNS penerimaan 2017 lalu dan memulai On the Job Training (OJT) sejak Januari 2018. Bagi saya pribadi, saya telah mengenal sosok yang luar biasa itu sejak Customs On Boarding Programme (CBP), Desember 2017. Kebetulan kami sekelompok bersama 18 orang lainnya. Awalnya memang saya tidak melihat ada yang berbeda dari dirinya, sama seperti yang lain. Namun, ternyata dia berbeda.

Satu-satu anggota kelompok kami memperkenalkan diri, sampai giliran Canna tiba hatiku tertegun, “…saya memiliki keterbatasan pendengaran…”. Entah bagaimana, sejak saat itu saya sangat kagum dengan Canna. Mungkin memang karena saya baru mengenal dia, atau bagaimana, sampai sekarang pun saya masih menganggap Canna merupakan sosok yang luar biasa. Sosoknya memang bukan tidak pernah mengeluh saat kerja, tapi kerja kerasnya luar biasa dan patut diacungi jempol.

Sekitar satu bulan lalu, saya harus menerima limpahan tugas dari 5 teman saya yang saat itu harus berangkat Pelatihan Dasar. Saya pikir awalnya memang tidak akan terlalu berat, karena tugas 5 orang itu akan dibagi ke senior saya juga. Saya memutuskan untuk mengambil alih tugas Canna dan 2 orang lainnya. Namun, saya kaget bukan main, kalau ternyata tugas Canna seorang saja sudah sangat banyak dan hampir tiada henti sepanjang hari. Saat itu saya membayangkan, bagaimana Canna selama ini mengerjakan tugas yang sedemikian banyaknya ini. Terlebih, setiap hari dia harus menerima pengarahan dari atasan dan senior lainnya. Saya hanya bisa berharap, atasan dan senior bisa mengerti sepenuhnya perjuangan yang dilakukan oleh Canna.

Baru-baru ini, Canna membuat sebuah video yang bertemakan rekrutmen CPNS di Kementrian Keuangan Tahun Anggaran 2018. Video ini juga dibuat dalam rangka memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional 2018 yang jatuh pada tanggal 23 September kemarin. Melalui video ini, Canna ingin mengajak teman-teman lulusan D3 dan S1 di luar sana yang sama-sama memiliki disabilitas untuk tidak takut ataupun malu mendaftar ke Kementrian Keuangan dan berharap bisa sama-sama mengabdi untuk negeri. Penasaran dengan videonya? Langsung cek Instagram dan YouTube Lab Bea Cukai Jakarta ya.